TIPS BERKENDARA AMAN DAN NYAMAN

06:41


Keselamatan dan kenyamanan merupakan prioritas dalam berkendara, apalagi berkendara bersama keluarga. Karena hal ini biasanya aparat kepolisian memasang sebuah peringatan yang bertuliskan "HATI-HATI, KELUARGA MENUNGGU DI RUMAH". Tapi walau sudah dibantu oleh pihak kepolisian, dalam memberikan peringatan dan mengatur lalu lintas, masih saja banyak kecelakaan. Pada kenyataannya ada 2 faktor yang banyak menyebabkan kecelakaan, faktor pertama adalah human error, atau kesalahan manusia itu sendiri, yang kedua adalah faktor kendaraan. Untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan, ada beberapa tips yang berguna untuk meminimalisir tejadinya kecelakaan, yaitu tips berkendara dengan aman dan nyaman.

1. Jangan Mabuk

Mabuk bukan hanya pembawa bencana bagi mereka yang melakukannya, tapi juga orang lain, bahkan dalam agama melarang setiap pemeluknya untuk mabuk, karena hal ini memiliki banyak kerugian. Tapi kadang banyak pengendara yang minum minuman keras, tuuannya untuk menghangatkan tubuh saat menyetir atau berkendara, bahkan beberapa truk dan bus dengan rute yang jauh selalu membawa minuman keras. 

Usahakan hindari menyetir saat mabuk, saat kita mabuk kita tidak tahu dengan apa yang kita lakukan, atau bisa disebut lepas kontrol. Lepas kontrol saat berkendara sangatlah berbahaya, karena ada banyak kendaraan dan orang lain di jalan raya. Bayangkan saatkita mabuk, lepas kontrol, dan tidak sadarkan diri. Apa yang akan terjadi? bisa saja nyawa pengendara melayang, nyawa orang lain hilang, atau bahkan keduanya.

2. Istirahat Saat mengantuk

Mengantuk adalah salah satu tanda bahwa tubuhmengalami kelelahan, jadi harusnya kita beristirahat dan tidur untuk menghilangkan rasa kantuk. Biasanya hal ini dialami oleh pemudik, yang menempuh jarak sangat jauh dengan waktu beberapa hari. Jangan paksakan diri saat engantuk, seperti halnya mabuk, efek yang diakibatkan dapat merugikan dii sendiri dan orang lain.

3. Jangan Minum Minuman Berenergi

Usahakan tidak minum minuman berenergi, hal ini memang bisa mengobati rasa kantuk secara seketika, tapi minuman ini sama saja dengan doping yang memacu kerja jantung, sehingga detak jantung meningkat lebih cepat. Bagi seorang supir atau pengendara minuman berenergi dapat membantu memulihkan keadaan tubuh yang mulanya lemas menjadi lebih berenergi dan bergairah dengan cepat. Hal ini yang akan sangat merugikan kita saat masa tua nanti, biasanya orang yang minum minuman berenergi akan mengalami sakitjantung dan gagal ginjal.

4. Periksa Kendaraan

Tips yang terakhir tidak kalah penting dengan tips-tips sebelumnya. Memeriksa kendaraan adalah syarat utama sebelum berkendara, walaupun seorang su[ir atau pengendara sudah sangat berhati-hati, tapi kendaraan yang digunakan tidak memenui standart keamanaan, hal yang ditimbulkan akan sama saja, yaitu kecelakaan yang akan merugikan diri sendiri dn orang lain.

Beberapa hal yang harus diperiksa pertama adalah roda kendaraan, baik sepeda, sepeda motor dan mobil, periksa roda kendaraan sebelum digunakan, hal ini sangat berpengaruh saat berkendara, periksa tekanan angin roda dan sesuaikan dengan berat kendaraan saat nantidigunakan. Kedua periksa lampu, lampu berfungsi untuk memberikan penerangan jalan saat malam hari, walaupun di pinggir jalan banyak lampu PJR (Penerangan Jalan Raya), tapi lamu kendaraan tidak hanya digunakan sebagai penerang jalan, tapi juga digunakan sebagai tanda bahwa di depan ada kendaraan dan hal ini sangat berguna saat pagi hari, apalagi dalam keadaan berkabut. Dan yang terakhir adalah kondisi rem, tanpa rem kendaraan akan sulit berhenti, karena hal ini biasanya banyak pengendara yang selalu memeriksa rem saat melewati jalanan yang naik atau turunan yang curam.

Keselamatan kita tergantung dari kita sendiri, bagaimana kita merawat diri kita dan bagaimana kita merawat kendaraan kita. Kesalahan di jalan raya atau saat berkendara akan berakibat fatal kepada diri sendiri dan orang lain.  

Artikel Terkait

Previous
Next Post »