MEROKOK DAPAT MENINGKATKAN RESIKO KATARAK DAN GANGGUAN MATA LAINNYA

11:59

Pada dasarnya merokok adalah kegiatan yang kurang baik, hal ini sudah dibuktikan oleh banyak riset atau penelitian yang dilakukan oleh dokter-dokter dan peneliti, baik di dalam atau luar negeri. Hal tersebut disebabkan kandungan rokok yangdapat mengganggu kesehatan. Seperti yang sudah tercantum pada kemasan rokok bahwa “merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, gangguan kehamilan dan janin”, tapi satu yang saya bingungkan, walaupun ada peringatan seperti itu, tetap saja rokok menjadi hal penting dalam kehiduan kita. Bahkan di daerah pedesaan, hampir semua kegiatan selalu menggunakan rokok, seperti kerja bakti, hajatan pernikahan, dan beberapa kegiatan masyarakat lainnya. Baru-baru ini sebuah penelitian di Amerika serikat menyatakan bahwa merokok dapat meningkatkan resiko katarak dan gangguan mata lainnya.

Pernyataan bahwa merokok dapat meningkatkan resiko katarak dan gangguan mata lainnya tersebut diungkapkan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), ketika kita merokok, maka kita akan menghirup asap rokok, baik dalam jumlah sedikit atau banyak, dalam asap rokok tersebut terdapat sianida yang masuk ke dalam aliran darah dan menghancurkan sel-sel mata. 98 % lensa mata terdiri dari protein, protein pembentuk lensa mata inilah yang sangat sensitive, terhadap sinar ultraviolet dan radikal bebas. Jika lensa mata terserang oleh sinarultraviolet atau radikal bebas, maka efek yang ditimbulkan adalah lensa mata menjadi keruh dan cahaya tidak dapat jatuh di retina, dari hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa merokok dapat meningkatkan resiko katarak dan gangguan mata lainnya.

Tapi Tuhan sangat menyayangi kita (manusia), Tuhan menciptakan manusia dengan segala kelebihan dan kekurangannya, pada kasus merokok dapat meningkatkan resiko katarak dan gangguan mata lainnya ini, untungnya tubuh kita memiliki antioksidan yang berasal dari makanan bergizi. Antioksidan tersebut berfungsi sebagai pelindung mata, dari reaksi oksidasi radikal bebas dan sinar ultraviolet, sehingga lensa mata kita masih berfungsi dengan normal. Jadi jika kamu seorang perokok, baik aktif maupun pasif, usahakan untuk mengkonsumsi makanan bergizi setiap hari, tidak hanya menjaga kesehatan tubuh, tapi makanan bergizi juga bisa menjaga kesehatan mata.

                  : Efek Merokok (Memperpendek Ukuran Penis)
                  

Artikel Terkait

Previous
Next Post »