APA SAJA YANG MEMPENGARUHI DENYUT NADI

07:49

KESEHATAN : Dalam dunia medis denyut nadi adalah hal yang dapat digunakan untuk mendeteksi kehidupan seeorang, atau terkadang denyut nadi juga bisa mencerminkan kesehatan kamu. Mungkin sederhana, tapi jika kita lebih peka dengan keadaan tubuh, maka kita bisa mendeteksi kesehatan tubuh dengan menggunakan denyut nadi. Normalnya denyut nadi manusia dewasa berdenyut sekitar 60 sampai 100 kali permenit. Tapi kadang dalam beberapa keadaan, seseorang yang sehat juga memiliki denyut nadi lebih lambat atau lebih cepat dari jumlah tersebut. Jika semakin lambat sekitar 45 sampai 100 kali permenit, seseorang masih dikatakan sehat, tapi jika terlalu lambat, kemungkinan aliran darah pada tubuh kurang baik. Atau bahkan denyut nadi lebih cepat, hal tersebut berarti jantung memompa darah lebih cepat keseluruh tubuh. Jadi apa saja yang mempengaruhi denyut nadi?

Ternyata denyut nadi dipengaruhi oleh 4 hal, yaitu : 1). Usia, 2). Suhu Udara, 3). Posisi Tubuh, dan 4). Emosi. Setelah kita tahu apa saja yang mempengaruhi denyut nadi, sekarang waktunya kita bahas satu per satu faktor tersebut.

Usia


Walaupu diatas dikatakan bahwa denyut nadi normal orang dewasa adalah 60 sampai 100 kali per menit, faktanya hal tersebut berbeda dengan denyut nadi anak-anak. Orag dengan usia anak-anak memiliki denyut nadi yang normalnya lebih cepat dar denyut nadi orang dewasa, hal ini terjadi karena kebanyakan kegiatan dan aktivitas anak-anak adalah kegiatan fisik.

Suhu Udara


Ketika suhu dan kelembapan udra tinggi, maka jantung akan memompa lebih banyak darah. Hal tersebut mengakibatkan denyut nadi meningkat sekitar 5 sampai 10 kali pr menitnya. Jadi sama halnya dengan saat kita berolahraga, jantung akan memompa darah dengan lebih cepat keseluruh tubuh.

Posisi Tubuh


Posisi tubuhpun juga bisa mempengaruhi jumlah denyut nadi. Denyut nadi, ketika kita sedang dalam posisi tiduran, duduk, atau berdiri, bisa dikatakan sama saja, karena itu kadang ada dokter yang memeriksa denyut nadi, dengan posisi mendudukkan pasiennya atau pasien dalam posisi tiduran. Tapi saat kita dalam posisi tiduran atau duduk, dan tiba-tiba berdiri, denyut nadi dapat naik sedikit, selama 15 sampai 20 detik, tapi setelah bebrapa menit denyut nadi akan kembali normal.

Emosi


Emosi adalah faktor paling mudah pemicu meningkatnya denyut nadi. Jika kita dalam keadaan stress, cemas, senang, sedih, maka denyut nadi kita akan meningkan, apalagi jika kamu sampai marah. Jadi sedikit tips untuk kamu yang ingin masuk instansi POLRI, TNI, atau bahkan instansi lain yang memerlukan tes kesehatan. Usahakan untuk menenangkan diri terlebih dulu sebelum melakukan tes kesehatan, karena hal tersebut sangat mempengaruhi hasil tes kamu.

Setelah kita tahu apa saja yang mempengaruhi denyut nadi, maka kita juga akan tahu apa fungsi mengetahui hal tersebut. Karena dari denyut nadi tidak hanya kesehatan, tapi juga bisa menentukan masa depan kamu.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »