CARA MERAWAT LUKA AKIBAT RACUN TOMCAT

09:31

Pada postingan sebelumya, yaitu efek racun tomcat terhadap kulit, sudah kita bahas beberapa gejala dan efek yang ditimbulkan oleh racun tomcat. Jadi pada postingan ini kita kan membahas tentang cara untuk merawat atau menangani racun tomcat, karena racun ini sangat mudah tersebar jadi penanganan yang diberikan termasuk dalam penanganan khusus. Cara merawat kulit yang terkena racun tomcat adalah :

1. Jangan Digaruk


Kebiasaan menggaruk bagian tubuh yang gatal memang sulit dihilangkan, bahkan hal ini seperti reflek yang dilakukan saat merasa gatal di bagian tertentu. Bukan hanya gatal karena tomcat yang tidak boleh digaruk, tapi gatal biasapun juga, usahakan jangan menggaruknya, karena kita menggaruk dengan kuku jari, padahal belum tentu kuku jari kita steril dari kuman. Sedangkan untuk tomcat, menggaruknya sama dengan meratakan racun yang ada, saat kita menggaruk maka racun tomcat sedikit banyak ada yang menempel pada jari, jika kita menggaruk atau menyentuk bagian lain, kadang racun tomcat akan menempel juga pada bagian tersebut. 

2. Hindarkan Luka Dari Air


Jika racun tomcat sudah menjadikan luka pada kulit, usahakan jangan sampai luka tersebut terkena air, sama halnya seperti menggaruk, saat luka terkena air, bisa saja air yang mengalir di tubuh akan membuat racun tomcat ikut mengalir terbawa air. Jadi saat mandi lebih berhati-hati untuk meninimalisir hal tersebut.

3. Minum Obat


Racun tomcat menyerang bagian permukaan kulit, jadi usahakan untuk membeli obat jenis salep untuk dioleskan pada luka, tapi alangkah lebih baiknya jika kita jug amengkonsumsi obat minumm untuk mempercepat proses penyembuhan. Jika diobati dari luar dan dalam secara teratur, maka luka karena racun tomcat akan lebih cepat msembuh. Obat yang dapat digunakan ada beberapa jenis, menurut pengalaman saya obat yang saya konsumsi adalah berjenis salep dan pil (tablet), pil (tablet) Acifar Aciclovir 400 mg dan Virugon cream sebagai salepnya.

Saat terkena racun tomcat usahakan mengkonsumsi obat secara teratur, dengan begitu luka akan segera sembuh dan dapat beraktivitas seperti semula.  

Artikel Terkait

Previous
Next Post »