TANAMAN HERBAL, TANAMAN OBAT BERKHASIAT

10:10
Alam diciptakan untuk membantu mencukupi kebutuhan hidup manusia, dari makhluk hidupnya, hingga makhluk mati atau makhluk tidak hidup. Contoh makhluk hidup yang bisa kita gunakan sangat banyak, seperti hewan dan tumbuhan. Sampai sekarang hewan banyak diburu dan dijadikan makanan, selain itu beberapa bagian hewan dapat dimanfaatkan untuk hal lainnya, seperti tanduk rusa, kulit macan, dan bulu merak. Tapi ingat ya...contoh yang sudah saya sebutkan tidak untuk dilakukan, karena pada jaman sekarang keserakahan manusia telah membuat hewan-hewan tersebut punah. Sedangkan tumbuhan tidak mau kalah dengan hewan, semua bagian tumbuhan dapat dimanfaatkan, baik daun, ranting, batang, akar dan bahkan getah pohon itu sendiri.

Pada postingan ini saya ingin berbagai informasi tentang tumbuhan-tumbuhan yang dapat dimanfaatkan sebagai obat, seperti namanya “herbal”. Tanaman herbal adalah tanaman atau tumbuhan yang dapat digunakan atau dimanfaatkan sebagai obat maupun campuran obat. Mungkin kita tidak sadar bahwa tumbuhan yang ada disekitar kita adalah tanaman herbal yang sangat berguna sebagai obat untuk penyakit yang kita atau saudara kita alami. Dan sekarang sudah banyak orang yang memanfaatkan beberapa tanaman herbal untuk dijual ke luar negeri. Beberapa contoh tanaman herbal yang kadang kita lupakan keberadaannya adalah:

1. Kencur

Ibu-ibu biasanya mengetahui manfaat dari kencur adalah sebagai bahan masakan atau bahan dari minuman beras kencur. Ternyata tidak hanya sebagai bahana masakan dan minuman, tapi tanaman herbal ini dapat digunakan untuk mengurangi masalah otot yang pegal. Seperti otot tangan, kaki, leher, dan beberapa otot yang lain, ingat..hanya untuk otot yang pegal, bukan tegang.

2. Daun Sirih

Pada jaman dulu, daun sirih terkenal sebagai daun yang digunakan para nenek-nekek kita untuk "nginang", nginang adalah istilah jawa, mungkin kita sekarang lebih mengenalnya dengan istilah susuran. Susuran adalah metode menguatkan gigi degan cara mengunyah daun sirih, yang dicampur dengan bahan lain. Tidk kalah dengan kencur, tanaman herbal ini ternyata juga dapat digunakan sebagai obat pembersih mata.

3. Daun Binahong

Dari namanya sepertinya tumbuhan ini berasal dari cina ya..daun binahong dapat digunakan untuk mempercepat proses pengeringan luka. Untuk caranya sangat sederhana, nanti kita akan bahas di postingan yang lain.

Sudah tiga tumbuhan, dan masih banyak tumbuhan lain yang nantinya akan kita bahas, pada postingan selanjutnya, kita akan membahas lebih rinci tentang kencur, sang penghilang rasa pegal dan capek pada tubuh.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »