3 KESALAHAN YANG SERING DILAKUKAN DALAM MEMAKAN BUAH

10:02

Buah adalah salah satu makanan favorit banyak orang, ada beberapa orang orang menyukai buah karena rasanya. Rasa buah yang manis, asam, dan segar membuat orang-orang lahap memakannya, selain itu warna buah yang beraneka ragam membuat tampilan buah semakin menarik, biasanya warna adalah trik ibu-ibu untuk membuat anak-anak mau makan buah dan sayur. Buah juga menjadi salah satu bagian dari makan pokok sehat, yang masuk dalam 4 sehat 5 sempurna, yaitu nasi, sayur, lauk-pauk, buah , dan susu. Setiap hari kita makan buah, dari buah yang berukuran kecil, sampai buah yang berukuran jumbo, buah mengandung banyak serat dan vitamin yang baik untuk tubuh, tapi apakah kamu yakin telah mendapatkan kandungan buah seperti yang kamu inginkan? banyak orang malah menyia-nyiakan kandungan dalam buah, hal ini dikarenakan kesalahan yang sering kita lakukan saat makan buah.

1. Makan Buah Setelah Makan Besar


Makan buah setelah makan, atau mengkonsumsi buah sebagai makanan penutup. Nasi, lauk, sayur dan berbagai macam makanan lain yang kita makan akan diproses oleh tubuh setelah kita konsumsi, sistem pencernaan membutuhkan waktu sekitar 8 jam untuk mencerna makanan yang kita makan. Pencernaan manggunakan sistem FIFO (First In First Out), jadi jika kita memakan buah sebagai penutup, maka buah memerlukan waktu selama kurang lebih 8 jam untuk dicerna, selama itu kandungan serat dan vitamin dalam buah telah rusak dan kita tidak mendapatkan manfaat dari memakan buah, jadi pastikan untuk makan buah terlebih dahulu sebelum makan makanan yang berat.

2. Membuat Jus


Jus adalah minuman sehat yang kaya dengan vitamin dan serat, pernyataan tersebut memang benar jika kita membandingkannya dengan soda atau minuman berenergi. Tapi sebenarnya dengan membuat jus kita telah mengurangi kandungan dalam buah, dalam pembuatan jus, buah telah diproses sedemikian hingga, sampai menjadi bentuk cair, dalam proses tersebut sari-sari buah akan menghilang, seperti saat diblender atau mix, ada banyak sari buah yang hilang. Jadi sebaiknya konsumsi buah secara langsung, jika kamu kurang suka, bisa dipoting kecil-kecil atau tipis.

3. Mencampur Dengan Susu


Sup buah, es buah, dan banyak aneka macam varisi buah lainnya, membayngkannya saja sudak membuah air liur menetes seperti cu pat kai. Buah adalah makanan yang mengandung vitamin dan serat yang baik, susu adalah minuman yang mengandung protein tinggi. Apakah menggabungkan 2 hal yang baik ini akan menajdi lebih baik? jawabannya tidak. Sebagian besar buah memiliki sifat asam tertentu, asam ini akan mengikat protein pada susu, dan hasilny makanan akan sulit dicerna oleh tubuh, hal ini bahkan dapat mengakibatkan iritasi lambung.

Sedikit tips, sebaiknya konsumsi buah dalam bentuk aslinya, cuci bersih dan makan langsung dengan kulitnya, kecuali buah pisang, nangka, durian, jeruk dan beberapa buah sejenisnya. hehe...

Artikel Terkait

Previous
Next Post »