DIABETES TIPE 2 BUKAN FAKTOR KETURUNAN

10:49

Ada 2 jenis diabetes, yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2, tapi diabetes yang dialami oleh sebagan besar penduduk di dunia adalah diabetes tipe 2. Penyebab diabetes tipe 2 adalah penurunan produksi insulin yang ada di dalam tubuh, insulin adalah hormon yang mengendalikan kadar gula dalam tubuh, cara kerja hormon insulin adalah memindahkan zat gula yang ada di dalam darah ke sel-sel tubuh dan kemudian merubahnya menjadi energi. Karena hal itu biasanya penderita diabetes selalu mendapatkan suntikan insulin jika berada di rumah sakit. Beberapa orang berpendapat bahwa diabetes tipe 2 adalah penyakit bawaan, atau penyekit keturunan, yaitu suatu penyakit yang diturunkan dari orang tua kita. Padahal faktanya diabtes tipe 2 bukan faktor keturunan. Kenapa demikian?


Kunci utamanya adalah terletak pada hormon insulin, yang berfungsi sebagai pengendali kadar gula dalam tubuh. Jika kita terlahir normal dengan organ tubuh ynag sehat, otomatis kita juga akan sehat, tapi kenapa sampai ada pernyataan yang menyatakan bahwa diabetes tipe 2 adalah faktor keturunan? tidak dipungkiri memang sebagian besar anak yang memiliki orang tua dengan penyakit diabetes tipe 2 juga menderita penyakit diabetes tipe 2. Tapi, ada sebagain anak yang sehat dan terhindar dari diabetes tpe 2, walaupun mereka terlahir dari orang tua yang menderita diabetes tipe 2. Jawabannya adalah gaya hidup, apakah gaya hidup dapat membenarkan pernyataan bahwa diabetes tipe 2 bukan faktor keturunan?


Penderita diabetes biasanya hidup di lingkungan yang kurang mendukung, sehingga akan menimbulkan gaya hidup yang tidak sehat. Anak tumbuh besar degan cara, mengikuti orang tua mereka. Saat orang tua mengkonsumsi makanan, otomatis anak juga akan mengkonsumsi makanan yang sama dengan orang tuanya. Makanan adalah contoh kecil dari banyak faktor penyebab diabetes menjadi faktor keturunan. Jadi kesimpulannya, diabetes tipe 2 bukan faktor keturunan, melainkan yang perlu dirubah adalah gaya hidup orang tua dan ajarkan anak untuk melakukan gaya hidup sehat sejak dini.  

Artikel Terkait

Previous
Next Post »