WEDANG JAHE, OBAT ALAMI MASALAH TENGGOROKAN

10:08

Tenggorokan merupakan bagian tubuh yang cukup peka terhadap makanan yang kita makan atau yang masuk ke dalam tubuh kita, kadang tidak kita sadar bahwa yang kita makan dapat mengakibatkan tenggorokan sakit, seperti panas dalam, serak, dan bahkan infeksi amandel. Obat pasti menjadi senjata ampuh untuk melawan semua sakit tersebut, tapi sebelum minum obat, sebaiknya kita minum wedang jahe terlebih dahulu.

Siapa yang tidak tahu wedang jahe?, dari jaman perjuangan wedang jahe sudah terkenal, kata nenek sih gitu...Jadi dapat disimpulkan bahwa wedang jahe sudah ada sejak jaman dulu. Jahe merupakan tumbuhan yang memiliki bentuk seperti kencur, tapi aroma kedua tumbuhan ini sangat berbeda, menurut saya aroma jahe lebih menyengat dari pada kencur. Seperti halnya kencur, jahe dikenal sebagai salah satu rempah komposisi masakan yang hampir selalu ada dalam setiap masakan, khususnya masakan khas jawa. Pada postingan ini saya ingin membahas tentang manfaat jahe, khususnya wedang jahe yang dapat membantu mengurangi sakit tenggorokan.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, wedang jahe dapat membantu masalah tenggorokan, hal ini dikarenakan efek jahe yang dapat membuat hangat. Biasanya tenggorokan yang sakit dikarenakan beberapa makanan yang kita makan tidak sesuai dengan sistem kekebalan tubuh. Contohnya saat kondisi tubuh tidak terlalu fit, tapi kita minum es, beberapa orang yang memiliki masalah pada amandel, pasti akan mengalami infeksi amandel, atau bengkaknya amandel. Pada saat itu tenggorokan terasa sangat tidak nyaman dan batuk. Inilah saatnya wedang jahe beraksi. Wedang jahe ampuh mengurangi masalah pada tenggorokan. Cara membuatnya juga sangat mudah, sama seperti membuat teh tubruk, bedanya, kita harus memhancurkan jahe terlebih dahulu agar rasa jahe keluar.

Langkah pertama, siapkan jahe secukupnya, gelas atau cangkir, gula, serta air panas. Langkah kedua, tumbuk atau geprek jahe yang sudah disiapkan secara kasar, tujaunnya adalah agar aroma dan cairan padajahe keluar. Langkah ketiga, masukkan jahe yang telah digeprek ke dalam gelas diikuti dengan gula, sebaiknya gunakan gula jagung untuk mengurangi resiko diabetes. Dan langkah terakhir tuangkan air hangat, aduk sampai gula larut, wedang jahe, obat alami masalah tenggorokan siap diminum.


Saat ini ada banyak wedang jahe sachet yang lebih praktis, tapi menurut saya jahe asli tidak dapat digantikan walau aromanya sama, tapi rasa tidak pernah bohong. Wedang jahe tidak hanya baik untuk masalah tenggorokan, tapi juga baik untuk menghangatkan tubuh yang sedang kedinginan.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »