MINUM KOPI KURANGI DEPRESI

08:24

Kopi seakan meroket menjadi minuman paling dicari di dunia, tidak hanya rasanya yang nikmat, tapi juga ada seni didalam proses pembuatannya. Dulu kopi hanya disajikan dengan mengguankan gula dan air panas, tapi sekarang kopi memiliki banyak cara dalam proses penyaiannya, tapi tidak semua orang bisa membuat kopi yang nikmat, hanya seorang barista yang bisa membuat kopi dengan seni dan menciptakan citarasa yang nikmat. Tapi sayangnya bukan barista yang akan kita bahas, kali ini kita akan membahas manfaat minum kopi, yang kita tahu minum kopi kita lakukan untuk menghilangkan rasa kantuk, tapi ternyta minum kopi dapat mengurangi depresi.

Sejumlah penelitian yang dilakukan di Tiongkok, sejak tahun 1980 sampai 2015, menghasilkan kesimpulan bahwa mengkonsumsi kafein, termasuk minum kopi, dapat membantu mengurangi depresi. Sebenarnya tidak hanya kopi, the juga mengandung kafein, tapi kafein pada kopi dinilai lebih efektif melawan depresi dibandingkan kafein yang terdapat pada the. Hal tersebut dikarenakan ada 3 komponen penting yang terdapat pada kopi, yaitu : 1). asam chologenic, 2). asam ferulic, dan 3). asam caffeic.

Ketiga asam tersebut bersifat anti-inflamasi atau melawan peradangan yang ada, khususnya pada sel saraf otak orang yang sedang mangalami depresi. Selain ketiga jenis asam tersebut, kandungan antioksidan alami dalam kopi juga dapat membantu meringankan beberapa ketidaknyamanan dan hal-hal lain yang diakibatkan oleh depresi. Hal penting lain yang perlu diingat adalah, walaupun minum kopi dapat mengurangi depresi, tidak semua orang dianjurkan minum kopi, yaitu orang yang memiliki penyakit maag atau asam lambung.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »