MANFAAT LAIN BUBUK KOPI

12:55

Kopi yang kita kenal sebagai minuman hitam manis dan menggoda ini bersalah dari biji kopi yang telah dirubah menjadi bentuk bubuk, ada 2 cara membuat bubuk kopi, yang pertama secara tradisional dan yang kedua dengan mengguankan alat. Secara tradisional, bubuk kopi dipanggang terlebih dahulu, cara pemanggangannyapun tidak boleh ditinggal, biasanya orang tua jaman dulu paling pandai dalam bidang panggang memanggang biji kopi, setelah selesai dipanggang, kopi akan ditumbuk, sampai hancur dan menjadi bubuk. Sedangkan secara modern, kita hanya tinggal menghancurkan biji kopi dengan alat tertentu. Bubuk kopi tidak hanya dimanfaatkan untuk membuat kopi saja, ternyata ada beberapa manfaat lain dari bubuk kopi.

1. Menyegarkan Ruangan

Kamar kamu bau? kamu bisa memanfaatkan bubuk kopi sebagai solusinya, caranya sangat mudah, kamu cukup menyiapkan kain yang sudah tidak terpakai, bubuk kopi, dan tali. Bungkus bubuk kopi di dalam kain, usahakan kain yang digunakan memiliki serat yang serap, sehingga bubuk kopi tidak berjatuhan. Setelah itu, bungkus bubuk kopi dengan kain dan ikat dengan tali, kamu bisa menggantungnya di dalam kamar, toilet, atau ruangan yang lain sekitar 2 - 3 hari, maka aroma keringat, bau tak sedap akan hilang dan digantikan dengan bau yang segar.

2. Menghilangkan Bau Bawang Di Tangan

Manfaat kedua sepertinya paling pas untuk ibu-ibu yang biasa memasak di dapur. Bau bawa yang sulit hilang ditangan biasanya sedikit mengganggu aktivitas selanjutnya, bahkan kadang ada beberapa orang yang tidak percaya diri dengan bau bawang di tubuhnya, seakan bau itu terus menempel di tangannya.hehe. Bubuk kopi hadir sebagai solusi murah dan mudah untuk mengatasi masalah tersebut, caranya sangat mudah, kamu cukup membalurkan bubuk kopi ditangan, biarkan sejenak lalu bersihkan dengan air mengalir. Selain dapat menghilangkan bau bawang, bubuk kopi juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau amis ikan, dan beberapa bahan makanan lainnya.

3. Menyuburkan Tanaman

Ternyata bubuk kopi dapat digunakan untuk menyuburkan tanaman! bubuk kopi disini berfungsi sebagai pupuk untuk tanaman, jadi kamu bisa mencampurkan bubuk kopi dengan tanah yang akan kamu gunakan sebagai media tanam. Tapi sayangnya, tidak semua tanaman bisa menggunakannya, tanaman yang sesuai adalah tanaman yang bersahabat dengan tanah asam, seperti mawar, azalea, kamelia, dan lainnya.

Tidak disangka ternyata cukup banyak manfaat lain bubuk kopi, selain sebagai bahan utama wedang kopi yang joss gandoss..bubuk kopi jug abisa membantu beberapa masalah dalam kehidupan kita.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »