WASPADAI...PENYEBAB ASAM LAMBUNG NAIK

23:32

Siapa yang tidak tahu tenang maag? penyakit ini bisa menyerang siapa saja, dari anak kecil sampai orang tua sekalipun. Tapi sayangnya banyak orang tidak mengetahui penyebab penyakit ini, bahkan maag adalah penyakit yang kita buat sendiri. Penyebab utama maag adalah naiknya asam lambung, asam lambung yang naik akan membuat perut sakit dan mual, hal ini biasanya karena perut kosong dan dinding lambung saling bergesekan. Tapi tidak hanya itu penyebab asam lambung yang naik, artikel ini adalah berdasarkan pengalaman pribadi saya, saat pertama terkena gejala maag atau asam lambung naik, ada beberapa faktor lain penyebab asam lambung naik, yaitu:

1. Makan Pedas


Selera makanan setiap orang berbeda-beda, tapi kadang ada beberapa orang yang menyukai hal lain, seperti makanan yang terlalu pedas, makanan pedas sebenarnya menjadi salah satu makanan yang baik, karena cabai bisa digunakan sebagai penurun berat badan secara alami. Tapi berbeda cerita jika kita mengkonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Saat kuliah pernah saya makan makanan serba dan super pedas selama lima hari, mungkin bagi mahasiswa/mahasiswi atau orang-orang di kawasan Malang tahu tentang "Ayam Nelongso" dan "Lalapan Mak Par", kedua makanan ini memiliki ciri khas, yaitu sambal yang sangat pedas. Setelah mengkonsumsi makanan ini selama sekitar lima hari, efeknya baru terasa, saat pagi saya hanya bisa merasakan perut yang seperti diremas dan akhirnya saya tidak bisa terbangun dari tempat tidur, hal ini dikarenakan asam lambung yang naik.

2. Makan Tidak Teratur


Makan tidak teratur menyebabkan ketidak teraturan kerja lambung, lambung memiliki karakter meremas, yaitu meremas makanan yang kita makan, setelah dihancurkan makanan tersebut akan menuju usus, lalu apa yang akan diremas atau diproses lambung jika tidak ada makanan? lambung akan tetap bekerja, dan jika tidak ada makanan kedua dinding lambung akan bergesekan dan mengakibatkan luka di lambung.

3. Stress


Apa yang ada difikiran kita bisa membuat organ lain menjadi bekerja tidak sesuai porsinya, saat kita dalam kondisi stress, biasanya akan mual dan perut bagian atas terasa sakit, hal ini adalah efek dari asam lambung yang naik.

Efek lain dari tiga hal diatas adalah sulitnya BAB (Buang Air Besar), kadang penyakit datang karena kita undang, jadi semua kembali pada diri kita, apakah kita mau menjaga kesehatan kita sendiri atau tidak.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »