TIPS AMAN BERKENDARA (SEPEDA MOTOR)

19:13

Semua hal yang besar diawali oleh hal-hal yang kecil, tidak terkecuali kecelakaan, kecelakaan dapat diklasifikasikan enjadi beberapa macam, yaitu dari kecelakaan ringan, kecelakaan sedang, dan kecelakaan berat. Kecelakaan ringan adalah kecelakaan yang melibatkan satu atau dua kendaraan dan tidak menimbulkan korban jiwa. Kecelakaan sedang adalah kecelakaan yang melibatkan satu, dua atau lebih kendaraan, baik bermotor atau tidak dengan luka yang cukup serius. Sedangkan kecelakaan berat adalah kecelakaan yang melibatkan satu, dua atau lebih kendaraan dengan korban jiwa. Banyaknya kendaraan dan kurangnya konsentrasi pengendara merupakan faktor paling banyak akibat terjadinya kecelakaan. Khususnya bagi para pengendara sepeda motor, sepeda motor adalah jenis kendaraan terbanyak di Indonesia, tapi bisa dikatakan sepeda motor merupakan paling bayak menyumbang kasus kecelakaan di Indonesia. Untuk menanggulangi hal tersebut, saya akan membagikan tips aman berkendara sepeda motor.

1. Periksa Keadaan 


Ada beberapa komponen kendaraan yang wajib kamu periksa sebelum kamu bepergian, yaitu : 1). Lampu, 2). Rem, 3). Tekanan angin, 4). Rantai. Kadang beberapa orang memanggap hal ini sepele,tapi seperti yang telah dikatakan di awal, semua hal yang besar dimulai dari hal-hal kecil, lampu selalu dinyalakan, selain berfungsi untuk menerangi jalan, ternyta dengan nyala lampu dari kendaraan kita, bisa memberi tanda untuk supir kendaraan besar lainnya, karena tidak jarang supir kendaraan besar mengantuk dan kurang memperhatikan apa yang ada di depannya. Rem adalah hal yang penting, jangansampai kendaraanmelaju tanpa rem, kecuali kamu ingin mendekatkan diri kepada Tuhan, terlebih lagi hal ini juga bisa membahayakan pengendara lain jika kendaraan kamu tidak bisa berhenti. Tekanan angin pada ban akan sangat membantu laju kendaraan, selain gaya gesek antara roda dan aspal berkurang, tekanan angin yang pas dapat membuat pengendara lebih nyaman. Rantai, saya yakin jarang orag-orang yang memeriksa rantai sepeda motor, padahal ini penting, pengalaman saya tentang rantai adalah, pernah naik gunung dan rantai putus, bayangkan bagaimana akhirnya. Hal ini dikarenakan saya jarang memberikan pelumas di rantai.

2. Pakai Helm


Ada beberapa orang mengatakan bahwa pengendara sepeda motor yang tidak memakai helm saat berkendara adalah pengendara yang tidak memiiki otak, helm berfungsi untuk melindungi kepala, jadi usahakan selalu menggunakan helm untuk berkendara lebih aman, baik jarak dekat maupun jauh.

3. Patuhi Peraturan


Banyak orang berpedapat bahwa, hanya ada dua cara menyikapi peraturan, yaitu peraturan untuk dipatuhi, atau peraturan untuk dilanggar. Menurut kalian yang mana yang bener? semua peraturan pasti memiliki tujuan yang baik, jadi patuhi peratuan, baik ada petugas penegak hukum, ataupun tidak. 

Jika kamu melakukan tips aman berkendara sepeda motor dengan baik dan benar, saya yakin kamu bisa meminimalisir adanya kecelakaan pada diri kamu sendiri, satu hal lagi yang penting, selalu konsentrasi di jalan, karena kadang saat kita telah berhati-hati, ada banyak pengendara lain yang tidak perduli dengan keselamatan dirinya sendiri dan orang lain. 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »