3 CARA CEGAH OSTEOPOROSIS

13:33

Osteoporosis adalah adalah penyakit tulang yang mempunyai sifat-sifat khas berupa massa tulang yang rendah, disertai mikro arsitektur tulang dan penurunan kualitas jaringan tulang yang dapat akhirnya menimbulkan kerapuhan tulang.Biasanya osteoporosis di alami oleh orang tua, hal ini dikarenakan oleh menurunnya kepadatan tulang seiring pertambahan usia. Jika seseorang terkena osteoporosis, maka yang terjadi adalah penderitaan. Hahaha. Itu kata nenek-nenek yang pernah ngobrol bersama saya, beliau menceritakan pengalamannya yang terkena osteoporosis. Karena osteoporosis, akhirnya banyak kegiatan yang harus beliau kurangi, bahkan bermain dengan cucupun akhirya jarang beliau lakukan. Pengalaman beliau adalah salah satu hal yang membuat saya menulis artikel tentang 3 cara cegah osteoporosis. Artikel tentang osteoporosis ini tidak hanya bermanfaat untuk mereka yang berusia lanjut, tapi sebenarnya anak mudapun juga perlu mengetahuinya.

3 cara cegah osteoporosis ini sangatlah mudah, yaitu:

Biasakan Olahraga Ringan


Olahraga ternyta sangat penting untuk menghindari osteoporosis, dengan olahraga, maka kamu dapat memiliki otot yang lentur, selain itu dengan olahraga maka kamu akan lebih bugar dan segar. Tapi yang perl diingat adalah tujuan olahraga yang kamu lakukan. Ada beberapa tujuan olehraga, mulai dari membentu otot, menjaga kesehatan tubuh, bahkan sekarang ada olahraga yang digunakan agar hits dan terkenal. Untuk kamu yang ingin menghindari osteoporosis, saya sarankan melakukan olehraga yang ringan.

Konsumsi Ikan


Konsumsi ikan secara teratur bisa membantu mencegah osteoporosis. Kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan dapat membantu proses penuaan dini dan melindungi pembuluh arteri, serta menurunkan darah tinggi. Jenis ikan yang dapat dikonsumsi dengan tujuan mencegah osteoporosis adalah ikan tuna, salmon, dan makarel. Hal itu, dikarenakan ketiga jenis ikan tersebut kaya akan kandungan kalsium dan vitamin D.

Minum Susu Tinggi Kalsium


Kalsium dipercaya dapat menguatkan tulang, hal ini menjadi salah satu solusi yang dapat digunakan untuk mencegah osteoporosis, jadi untuk orang-orang dewasa, sebaiknya mulai mengkonsumsi susu tinggi kalsium, hal ini akan sangat berguna di masa tua nantinya.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »