CARA MENURUNKAN BERAT BADAN ANAK OBESITAS YANG BENAR

08:12

Obesitas adalah penumpukan lemak yang berlebihan, sebenarnya obesitas telah banyak ditemukan di seluruh penjuru dunia, tapi obesitas, menjadi hal yang sangat unik dan aneh di Indonesia, hal ini karena ada beberapa anak di Indonesia yang mengalami obesitas. Salah satu anak obesitas asli Indonesia yang paling banyak diberitakan adalah Arya, siswa kelas 4 SD, dengan berat badan sekitar 186 kilogram. Selain itu baru-baru ini, muncul sebuah nama baru, anakobesitas dari Indonesia, yaitu Rizky , yang masih berada di bangku kelas 6 SD, dengan berat badan sekitar 116 kilogram. Dari beberapa informasi diatas, maka tidak menutup kemungkinan, akan ada anak oesitas lainnya yang muncul, dari permasalahan tersebut, maka kita akan membahas cara menurunkan berat badan anak obesitas yang benar. Kenapa dengan benar? Karena masih banyak orang yang belum tahu, bahwa obesitas bukan hanya masalah berat badan, melainkan berhubungan dengan organ tubuh juga.

Cara menurunkan berat badan anak obesitas yang benar adalah dengan menjalankan pola diet sehat pada anak, ada banyak jenis diet yang bisa dipilih, tapi usahakan selalu konsultasi denga dokter, diet apa yang paling tepat untuk anak obesitas tersebut. Selain itu, kita juga harus memperhatikan penurunan berat badan anak obesitas.  Usahakan berat badan anak obesitas, turun sebanyak 1 kilogram setiap minggunya, jadi dalam sebulan berat badan yang turun tidak boleh lebih dari 4 kilogram. Menurut Dr. Indarti Soekotjo, jika berat badan anak obesitas turun lebih dari 4 kilogram setiap bulannya, maka ditakutkan akan menggangu pertumbuhan anak tersebut. Selain pola diet sehat, hal kedua yang penting dalam cara menurunkan berat badan anak obesitas yang benar adalah olahraga. Olahraga yang dianjurkan untuk anak obesitas adalah berenang, olahraga renang lebih dipilih dari pada berlari, karena jika anak obesitas dipaksa berlari, maka aka nada beban di lutut, yang justru membahayakan kesehatan anak tersebut.


Setelah tahu cara menurunkan berat badan anak obesitas yang benar, maka kita tidak boleh sembarangan dalam menangani anak obesitas, hal paling tepat yang dapat kamu lakukan pertama adalah konsultasi dengan dokter. Selain itu dari kecil biasakan untuk mengatur pola makan anak, jenis makanan anak, serta kegiatan yang anak lakukan, sehingga nantinya anak dapat terhindar dari obesitas. Karena obesitas tidak hanya tentang berat badan bentuk tubuh, tapi juga tentang  kesehatan anak.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »