BAHAYA…SUHU AC TERLALU RENDAH DAPAT MENGGANGGU KESEHATAN

11:05

Teknologi yang semakin maju dan berkembang, membuat banyak perubahan pada dunia manusia, ada banyak hal yang dapat dilakukan teknologi untuk mengatasi masalah dalam kehidupan manusia. Salah satu teknologi yang biasa kita gunakan adalah AC (Air Conditioner), AC berfungsi untuk mengatur suhu suatu ruangan menjadi lebih dingin (biasanya), atau dengan kata lain, AC berfungsi untuk menurunkan suhu dalam ruangan. Suhu ruangan yang dingin akan membuat pengguna ruangan merasa nyaman, selain itu tentu saja pengguna ruangan, tidak mengeluarkan keringat yang bau.hahaha. Tapi ternyata suhu AC yang terlalu rendah dapat mengganggu kesehatan kita. Benarkah demikian? Dan berapa suhu AC yang baik untuk kesehatan?

Menurut pendapat Dr. Ajay Aggarwal, direktur Rumah Sakit Fortis,  mengatakan bahwa “terlalu lama berada di ruangan ber-AC (walau dengan suhu 25 – 27 derajat), dapat menimbulkan reaksi sick building syndrome yang membuat orang mudah lelah”. Padahal untuk menjaga kesehatan, kita dianjurkan untuk mengatur suhu AC minimal adalah 20 derajat. Sekarang bayangkan apa yang biasa kita lakukan pada suhu AC? Sebagian besar orang di Indonesia, menagatur suhu AC sekitar 16 derajat, padahal suhu AC yang terlalu rendah dapat menggangu kesehatan, seperi yang di ungkapkan oleh Dr. Ajay Aggarwal.

Usahakan selalu keluar untuk menghirup udara segar yang sebenarnya, hal ini dikarenakan kita tidak tahu, apakah AC yang terdapat dalam ruangan, sering dibersihkan atau tidak. Padahal saluran AC yang jarang dibersihkan, akan menjadi sarang jamur dan bakteri. Jika jamur dan bakteri yang terdapat pada AC masuk pada tubuh kita, maka kesehatan kita akan lebih mudah terganggu, seperti batuk, flu, dan sesak napas. Jadi selalu atur suhu AC ruangan kamu menjadi 25 sampai 27 derajat, atau jika kurang dingin, kamu dapat lebih merendahkannya sampai 20 derajat, usahakan jangan kurang dari 20 derajat, karena suhu AC yag terlalu rendah dapat mengganggu kesehatan, selain itu selalu bersihkan AC secara rutin. 



Artikel Terkait

Previous
Next Post »