SAYURAN HIJAU BAIK UNTUK MATA

11:13

Mata adalah panca indra yang digunakan untuk melihat, menurut saya panca indra yang paling penting adalah mata, karena tanpa mata, kita akan sulit untuk memanfaatkan indra yang lain dengan maksimal. Mata memiliki banyak pelindung yang berada di sekitarnya, seperti bulu mata dan kelopak mata. Bulu mata berfungsi untuk menghalangi debu atau bahkan keringat yang akan mengalir langsung pada mata. Sementara itu kelopak mata tidak kalah penting fungsinya. Kelopak mata bermanfaat untuk melindungi mata dari benda asing, yang langsung menuju mata dari arah depan. Jika kita perhatikan, setiap ada benda atau serangga yang akan mengenai mata kita, maka secara reflek, kelopak mata akan tertutup, bayangkan jika benda atau serangga tersebut, langsung mengenai mata kita! Kemungkinan terburuk kita akan buta. Walaupun mata telah memiliki pelindung, kita harus tetap menjaga kesehatan mata, salah satunya dengan banyak mengkonsumsi sayuran hijau, karena sayuran hijau baik untuk mata.

Tidak hanya sayuran yang mengandung vitamin A, sayuran hijau juga sangat baik untuk kesehatan mata. Sayuran yang memiliki daun berwarna hijau atau hijau gelap memberikan nutrisi lutein dan zeaxanthin. Kedua  nutrisi tersebut sudah terbukti dapat membantu mengurangi resiko penyakit mata. Beberapa contoh sayuran hijau yang enak dikonsumsi adalah kangkung, bayam, dan kenikir. Ketiga sayuran tersebut adalah sayuran hijau favorit saya, hal ini dikarenakan ketiga sayuran tersebut memiliki rasa dan bau yang khas, selain itu sayuran tersebut tidak terasa pahit saat dimakan. Setelah kamu tahu bahwa sayuran hijau baik untuk mata, sebaiknya usahakan untuk mengkonsumsi sayuran hijau setiap hari.

Selain sayuran hijau, usahakan pula untuk mengkonsumsi sayuran kuning, yaitu sayuran yang banyak mengandung vitamin A, seperti wortel dan ubi jalar. Dan untuk si kecil yang tidak suka sayur, usahakan untuk memberitahukan bahwa sayuran hijau baik untuk mata atau rubah bentuk sayuran menjadi lebih menarik. Hal ini  akan menjadi salah satu tantangan untuk ibu-ibu kreatif.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »