PENTINGNYA PEMANASAN SEBELUM OLAHRAGA

07:14

KESEHATAN Olahraga adalah salah satu cara agar tubuh menjadi bugar dan sehat, tidak hanya itu, tapi olahraga juga dapat membuat kita merasa lebih nyaman. Bahkan beberapa orang menganggap bahwa, olahraga yang rutn dan sesuai akan membuat awet muda. Ada banyak macam olahraga, tapi yang paling penting sebelum olahraga, yang kamu perhatikan adalah pemanasan. Setiap olahraga memeiliki resiko cedera masing-masing, bahkan olahra yang kecil sekalipun dapat menyebabkan cedera pada bagian tubuh kita, Karena hal tersebut, maka pemanasan menjadi hal yang peting sebelum berolahraga.

Pemanasan berfungsi untuk mengurangi resiko cedera saat berolahraga, Pemanasan yang paling baik adalah lari-lari kecil, atau peregangan seluruh anggota badan, lebih baik lagi kalo kamu juga menghitung durasi peregangan yang kamu lakukan, hal tersebut dapat membantu kamu melakukan pemanasan dengan waktu yang merata pada setiap bagian tubuh. Pemanasan digunakan untuk membiasakan otot sebelum digunakan untuk bekerja lebih keras lagi. Jika diumpamakan gelas yang baru kamu isi air es yang dingin, kemudian kamu ganti dengan air yang panas maka kemungkinan besar, gelas akan mengalami retak pada bagian tertentu.


Sama halnya dengan otot, jika kamu tidak membiasakan otot untuk melakukan kegiatan ringan dulu (pemanasan) dan kamu langsung melakukan hal yang berat (olahraga inti), tidak menutup kemungkinan otot kamu akan mengalami kram, tegang atau penarikan otot, atau bahkan cedera lain, yang kita ibaratkan dengan gelas yang retak. Jadi usahakan selalu untuk melakukan pemanasan sebelum berolahraga, apapaun olahraganya.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »