TIPS MENJAGA KESEHATAN MATA

13:08


Mata adalah indra yang digunakan untuk melihat, tapi sebenarnya secara sadar ataupun tidak, kita telah mengesampingkan kesehatan mata. Jika masih belum percaya, sekarang coba kita perhatikan beberapa aktivitas kita sehari-hari, dari menonton televisi, apakah kita sudah menonton televisi dalam jarang pandang yang sesuai menurut anjuran kesehatan?. Penggunaan gadget, mungkin kita tidak sadar, berapa lama kita menatap gadget dalam sehari? dan bahkan ada beberapa orang yang tidak bisa lepas dari gadget mereka. Yang menurut saya sedikit konyol, yaitu menggunakan gadget sambil nonton televisi, hal ini sulit dilakukan secara bersamaan dan biasanya kita melakukannya secara bergantian. Misalnya saat acara televisi sedang iklan, kita melihat gadget, dan saat acara televisi mulai, kita menonton televisi. Hal ini akan membuat mata lebih cepat lelah. Bermain Play Station, biasanya hal ini dilakukan oleh para pelajar, baik SD, SMP, SMA, dan bahkan mahasiswa. Kenapa bermain Play Station dapat merusak mata? Padahal hal ini merupakan hiburan untuk pelajar. Bermain Play Station merupakan hiburan untuk pelajaran dan hal ini memang diperlukan, tapi jika berlebihan maka dapat merusak mata.

Mungkin kita tidak menyadari beberapa hal diatas, karena telah menjadi aktivita kita sehari-hari, bahkan adalah kebiasaan yang selalu kita lakukan. Lalu bagaimana cara menyikapinya? Untuk itu saya akan memberikan beberapa tips yang dapat diaplikasikan dalam menjaga kesehatan mata.

1. Menonton Televisi Pada Jarak Pandang Standart

Usahakan menonton Televisi dengan jarak pandang standart, yaitu sekitar 5 x panjang diagonal televisi, misalnya kamu memiliki televisi dengan diagonal 21 inchi, jadi jarak pandang yang sesuai adalah 21 x 5 = 105 inchi atau 25, 6 meter. Mungkin hal ini sulit untuk dilakukan, tapi yang pasti jangan terlalu dekat saat menonton televisi.

2. Menonton Televisi Dalam Keadaan Yang Terang 

Usahakan menonton televisi dalam keadaan yang terang, sehingga mata tidak terlalu bekerja keras untuk fokus pada televisi. karena cahaya adalah salah satu faktor penting untuk seseorang bisa melihat dengan jelas.

3. Hindari Penggunaan Gadget Saat Mengantuk 

Sebenarnya menggunakan atau mengoperasikan gadget saat mengantung adalah tidak dianjurkan. Cahaya pada gadget akan membuat rasa kantuk kita menghilang dan hal ini tidak hanya kurang baik untuk mata, tapi juga bagi tubuh. Karena saat kita mengantuk itu adalah tanda bahwa tubuh kita sudah lelah, dan untuk itu tubuh harus diistirahatkan.

4. Ingat Waktu

Khusunya bagi para gamers, ingat waktu saat bermain Play Station atau game lain, saat mata sudah lelah, usahakan untuk mematikan Play Station atau game lain dan beristirahatlah. Lebih baik lagi jika beristirahat dengan posisi terlentang dengan mata tertutup, posisi terlentang bertujuan untuk meregangkan otot yang tegang saat kita bermain game sambil duduk.

5. Buatlah Jus Wortel Dan Tomat

Wortel dipercaya sebagai sayuran yang baik untuk mata, tapi beberapa anak mungkin tidak menyukainya, untuk itu ibu-ibu bisa menambahkan tomat ke dalam jus. Dengan begitu rasa wortel tidak akan terlalu kuat, karena sudah bercampur dengan rasa tomat yang manis, asam, dan segar.

6. Sering Berkedip 

Tips yang terakhir adalah sering berkedip, hal ini memang sangat sepele, tapi berkedip bertujuan untuk membasahi mata, sehingga kita dapat meminimalisir resiko iritasi.

Semoga tips-tips untuk menjaga kesehatan mata diatas bermanfaat dan dapat membantu semua orang dalam menjaga mata. Kesehatan sangatlah penting, sehingga tidak bisa dibeli dengan uang, karena itu tetap bersyukur, jaga kesehatan, dan jangan menunggu sakit. Karena sesungguhnya menjaga lebih baik dari mengobati.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »