3 BUAH INI AMPUH LAWAN KOLESTEROL KARENA GORENGAN

22:27


Kolesterol adalah momok bagi semua orang, dulu kolesterol identik dengan orang-orang di usia senja, tapi saat ini kolesterol menyerang tanpa pandang bulu. Kolesterol sebenarnya adalah lemak yang terdapat pada aliran darah, kolesterol berfungsi untuk membentuk dinding sel dan bahan pembentukan dari beberapa hormon. Kolesterol normalnya harus dibawah 200 mg/dl, dan jika kolesterol melebihi batas tersebut, maka kita dapat terkena macam-macam penyakit, bahkan sampai pemyakit yang mematikan seperti jantung.

Biasanya penyebab kolesterol adalah makanan yang kita konsumsi, salah satunya adalah gorengan. Gorengan merupakan makanan yang enak, mudah di dapat dan satu lagi alasan paling disukai banyak orang, yaitu murah. Satu gorengan memiliki harga sekitar Rp 500 - Rp 1000, dengan harga yang sangat murah gorengan menjadi salah satu primadona cemilan pada masyarakat, baik mahasiswa sampai pekerja kantoran. Tanpa kita sadari sebenarnya kita telah menumpuk kolesterol jahat pada tubuh kita, kolesterol jahat atau yang biasa kita dengar dengan nama lemak jahat adalah lemak yang dapat tertimbun pada dinding dalam pembuluh darah. Untuk itu sebaiknya kita juga mengkonsumsi beberapa makanan yang dapat melawan koleterol karena gorengan, salah satunya adalah buah. Ada 3 buah yang dapat digunakan dan ampuh melawan kolesterol karena gorengan.

1. Buah Melon


Melon adalah buah yang bentuknya mirip dengan semangka, tapi rasanya sangat berbeda, rasa melon yang , manis dan segar membuat melon menjadi isian wajib dalam es buah. Selain rasanya yang manis melon baik untuk kesehatan, karena dalam buah melon terkandung adenosine, yang berguna untuk membantu pengenceran darah. Sedikit tips, pilihlah melon yang sedikit terkena obat semprot, karena melon tanpa obat semprot lebih alami dan lebih aman saat dikonsumsi.

2. Buah Nanas


Buah nanas, tentunya adalah buah yang sudah tidak asing lagi untuk kita, buah berwarna kuning saat matang, memiliki kulit seperti duri ini sangat terkenal karena rasa manis dan asam yang terkandung di dalamnya. Tapi tidak hanya kandungan rasanya yang membut buah ini disukai banyak orang, kandungan lainnya adalah enzim bromelyn. Enzim ini berfungsi untuk menghancurkan lemak yang terdapat di pembuluh darah. Selain baik kesehatan, buah nanas juga efektif untuk diet atau menurunkan berat badan.

3. Buah jeruk


Sebelumnya buah jeruk adalah buah yang terkenal dapat digunakan sebagai penurun berat badan, tapi ternyta jeruk tidak hanya dapat menurukan berat badan, tapi juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau lemak jahat. Hal ini dikarenakan jeruk dapat meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh, yang pada akhirnya kolesterol baik ini akan melawan kolsterol jahat. Dalam sebuh penelitian pada tahun 2000 yang dilakukan oleh Elzbieta M. kurowska dan rekannya menemukan bahwa, pria dan wanita yang mengkonsumsi jus jeruk sebanyak 750 ml perhari dapat meningkatkan kolesterol baik mereka sebanyak 21% (dikutip dari: www.livestrong.com).

Semakin bertambah usia seseorang semakin berkurang efektivitas fungsi organ dalam, jadi sebaiknya pilih makanan yang menyehatkan, seperti buah-buahan yang dapat dan ampun melawan kolesterol, baik dari gorengan atau makanan lain. Dan usakan lebih selektif memilih makanan walaupun usia kita maasih muda.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »