3 TIPS AMAN BELANJA ONLINE

14:51

Belanja adalah salah satu aktivitas yang hampir tidak bisa lepas dari kehidupan kita, pada jaman dulu belanja dilakukan dengan cara barter. Barter adalah kegiatan tukar-menukar barang tanpa perantaraan uang, hal ini dilakukan karena pada jaman dulu belum ada uang sebagai media jual beli. Berbeda dengan sekarang, semuanya dapat dibeli dengan uang, sehingga tidak perlu repot untuk membawa barang yang akan ditukar. Bahkan sekarang kegiatan belanja`sering dilakukan secara online. belanja online adalah perdagangan yang menggunakan perangkat elektronik yang memungkinkan konsumen membeli barang atau jasa dari penjual melalui internet. 

Tapi semakin mudah akses dalam belanja disertai dengan banyaknya penipuan, penipuan tersebut dikarenakan belanja online sama halnya menggunakan modal percaya. Jadi bisa saja konsumen ditipu oleh si penjual. Untuk meminimalisir hal tersebut, pada postingan pertama ini saya membagi tiga tips aman belanja online.

1. Cek Testimoni


Testimoni adalah hal yang diberikan sebagai sebuah ungkapan kepuasan atau penghargaan. Jika testimoni dari konsumen lain bernada positif, maka dapat diartikan bahwa online shop atau penjual tersebut asli atau bukan penipu

2. Bandingkan Harga


Membandingkan harga dengan online shop atau pejual yang lain tidak ada salahnya, hal ini pernah saya alami sendiri, handphone dengan harga normal Rp 3.000.000 di pasaran, tapi ada salah satu online shop yang saya temui handphone tersebut hanya dijual Rp 1.500.000, maka ada dua kemungkinan yang dapat diambil, pertama si penjual adalah penipu atau handphone yang dijual adalah handphone replika.

3. Jangan Buru-Buru Transfer Uang


Hal ini digunakan untuk melihat sikap si penjual, seorang penipu biasanya akan bersikap agresif untuk mendekati dan berusaha membuat calon pembeli percaya bahwa mereka adalah benar-benar penjual asli. Penipu biasanya akan terus-menerus menghubungi calon pembeli untuk segera transfer uang. Jika penjual tidak melakukan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa penjual bukan penipu.

Berhati-hatilah saat berbelanja, khususya belanja online, semoga 3 tips aman belanja online diatas dapat membantu anda untuk tenang dan sukses berbelanja online.

Artikel Terkait

First